Minggu depan adalah minggu terakhir aku praktik mengajar di SMPN 2 Malang. Sehingga minggu ini minggu tersibuk, karena banyak tugas yang harus deadline. Mulai dari perangkat pembelajaran, studi kasus, rencana perpisahan, dan masih banyak lagi.

Setiap hari pegang laptop buat kerjakan laporan, sampai badan pun jatuh sakit. Huhu. Semoga dikuatkan sampai detik terakhir aku mengajar. Dan semua berjalan lancar dan dapat hasil yang memuaskan.

Sebenarnya agak tidak rela juga untuk selesai praktik. Karena sudah terbiasa dengan anak-anak. Terbiasa tiap pagi triak-truak saat mengajar. Terbiasa jewer telinga murid yang suka ramai. Terbiasa bercanda dengan mereka.

Rasanya benar-benar tidak rela buat meninggalkan sekolah. Aku sudah benar-benar sayang dengan semua muridku. Huhu. Mereka juga sudah respect dengan aku ketimbang guru aslinya.

Selain tidak rela meninggalkan muridku, juga tidak rela berpisah dengan rekan PPL lain. Walau cuma 3 bulan tapi kita ber-17 sudah seperti keluarga sendiri. Tertawa bersama-sama, capek bersama.

Pengalaman saat PPL memang sangat berharga sekali. Dari ini aku jadi mengerti bagaimana harus menghadapi murid, bagaimana menjalin hubungan baik dengan mereka dan bagaimana menbuat hubungan baik antar guru.

Karena pengalaman adalah guru yang terbaik.

Advertisements