Singkat saja, masalah utama seorang blogger adalah IDE.

Enggak ada ide sudah jaminan blog jadi bulukan, enggak di-update sampe berminggu-minggu, bulan-bulan, atau sampai lupa sama user dan password-nya. Miris banget kan?

Padahal waktu awal ngeblog saja semangatnya kayak enggak pernah padam. Tapi di tengah-tengah perjalanan, begitu ide kayak wahyu yang datang dari langit, buyar sudah semangatnya.

Mari kita move on, jangan nyari yang namanya ide. Serius! Kalau dicari enggak bakalan ketemu. Ide itu kayak kutu di tumpukan jerami. Susah nemunya, pun kalau nemu juga kadang bikin kita males buat realisasi.

Well, daripada stress, yuk kita ngemening sebentar masalah ide dan realisasinya! Cuz!

Jangan Pernah dan Sampai Kapan pun Nyari IDE!

Peraturan pertama: Jangan mencari ide!

Sudah 2015, jangan jadi orang yang enggak kekinian deh. Saat ini itu musimnya “membuat” ide. Atau kalau susyahnya minta ampun kita bisa ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).

Dulu kita sukanya diem, ngayal, ujung-ujungnya mikir enggak bener. Jalan ke sana kemari buat nyari inspirasi. Katanya di jalanan banyak banget cuilan ide yang bercampur debu.

Tapi ujung-ujungnya enggak dapat apa-apa. Iya, enggak dapat apa-apa!

Padahal untuk masalah per-ide-an kita bisa kok membuatnya.

Begini caranya!

Duduk Manis di Kamar, Boleh Sambil Dengarkan Musik

Kita tak perlu keluar kamar dan mengorbankan ke-PW-an kita hanya untuk sebatang ide.

Sakarang tugas yang bisa kita lakukan adalah melihat blog. Amati tulisan yang ada di sana dan tema apa saja yang menjadi “Brand” dan membuat anda dikenal. Coba kulik-kulik halaman statistik, amati tulisan dengan view tinggi.

Dari sana coba create ide.

Membuat ide akan membuat kita jauh lebih kreatif.

Misal yang banyak pengunjungnya artikel wisata. Coba buat ide mengenai wisata yang unik.

Contoh ide: wisata horor di Malang, wisata bermodal goceng, atau wisata bikin kaya raya

Dari satu tema “wisata” kita sudah buat 3 ide, kan? Masih bilang susah dapat ide?

Ayo coba latihan! Misal yang lagi ngehits masalah “Kabut Asap” coba buat ide dari tema ini. Bisa dong yaaaa!

Masih Tetap Susah, Kadang Idenya Kurang Greget!

I feel you!

Tidak perlu khawatir. Emang kadang-kadang statistik tinggi selalu berhubungan dengan hal absurd, kadang malah random dan berkaitan erat sama peranu-anuan.

Kalau sudah kita mari kita bergerak membuat ide dengan cara lain. Tatap di dalam kamar kok. Enggak perlu kena debu jalanan lagi.

Coba buka web yang namanya Pinterest!

Saya nemu web itu sudah lama, cuman baru-baru ini saja jadi demen dan bawaannya pengen buka terus. Percayalah, sumber ide yang “OKE” ada banyak di sini.

Serius, enggak bohong. Coba ketik satu kata saja tentang tema yang mungkin anda kuasai.

Misal anda mencari dengan keyword: Recipe

Boom! Langsung ada ribuan resep yang menunggu anda coba, lalu difoto dan dibuat reviewnya dalam blog.

Atau misal mencari dengan keyword: Photography

Artikel-artikel fotografi yang pasti oke punya hadir langsung di layar anda.

Dari sana anda bisa membuat ide. Saya pun membuat ide tulisan ini dari Pinterest.

Anu, ide udah fixed, terus gimana mau realisasi?

Realisasi Sama Halnya Menepati Janji

Kalau sudah janjian sama cewek terus kita ingkar, apa yang akan terjadi?

Jelas dimarahin, diamukin, dimaski-maki, dianggap PHP, dan terakhir di-bye-in!

Tulisan enggak kayak gitu sih, cuman ya kita berdosa saja sama itu anak blog kita. Lalu ide yang susah dibuat jadi dianggurin.

Nulis bukan perkara harus bagus, perkara harus waow dan bikin orang kelepek-kelepek.

Terpenting kita sampaikan ide dengan runtut. Kalau enggak bisa nulis cepet (nanti akan saya buatkeun postingan cara nulis cepet tapi enggak amburadul), ya dicicil!

Terpenting lagi, jangan kebanyakan niat. Serius! Langsung Tulis!

Jika ada ide, segera saja tulis, kalau enggak bisa nulis semua coba buat pokok-pokoknya saja. Lalu besoknya bisa dipoles.

Lima belas menit bukan waktu lama kan? Bengong sejam saja bisa masa 15 menit saja susah bener.

Nulis yang Sekiranya Bermanfaat (bagi nusa dann bangsa)

Satu lagi ya, kita usahakan nulis yang ada manfaatnya.

Karena nulis bagus itu…

Satu, bakalan banyak yang baca.

Dua, dapat pahala.

Tiga, membuat blog tak berisi sampah.

Ah ya, hampir lupa. Usahakan tulis yang sekiranya dibutuhkan orang.

Untuk saat ini mungkin kita anggap nulis blog sekadar hobi, tapi suatu saat blog juga bisa menghasilkan uang. Jadi kalau banyak pengunjung juga kita untung. Kalau cuma nulis sampah juga semua orang bisa.

Blog memang ranah pribadi kita masing-masing. Mau nulis apa saja juga terserah kita. Tapi kita juga harus menyadari kalau blog itu juga dibaca orang. Enggak malu konten murahan dibaca orang? Kalau gebetan baca bisa runtuh pesona kita!

Akhir kata, nulisnya pakai hati yang senang ya! Kalau cemberut entar banyak salahnya!

 

Salam kekinian!

Adi Nugroho

Advertisements