Pertama saya ingin mengumpati diri saya sendiri karena membiarkan blog ini tak terpakai selama bertahun-tahun. Terkahir posting mungkin setahun lalu. Entah. Setelah berpikir panjang akhirnya saya memutuskan untuk merombak blog gado-gado ini (lebih banyak ngawur tulisannya) menjadi blog khusus buku dan niche-nya. Niatnya mau buat blog baru tapi kok sayang blog pertama ini dianggurin lagi.

Untuk mengawali kebangkitan blog ini, saya akan mengikuti sebuah reading challange (RC). Diharapkan akan ada pemicu untuk saya terus baca dan menulis. Kali ini saya ikut New Authors Reading Challenge 2015 dengan host Ren’s Little Corner.

Berikut persyaratannya.

1. Durasi challenge ini adalah setahun. Dimulai dari tanggal 1 Januari -31 Desember 2015
2. Buku yang dibaca adalah buku fiksi dan nonfiksi.
Bagaimana dengan Kumcer atau anthology? Saya perbolehkan dengan catatan:
a. Kumcer ditulis oleh satu penulis saja. Contoh: Orang – orang Tanah karya Poppy D.Chusfani
b.Boleh mengambil kumcer dengan jumlah penulis yang berpartisipasi maksimal 5 (lima) orang dan harus ada minimal 2 (dua) penulis yang merupakan penulis baru untuk partisipan.
Berikut ini adalah buku yang tidak termasuk dalam reading challenge ini : Komik, Graphic Novel,  Novelette (cerpen), Majalah, Essai, Jurnal, Buku Teks Pelajaran.
3 Jumlah halaman minimal buku yang bisa masuk dalam challenge ini adalah 150 halaman. Jika teman – teman membaca versi ebook, silakan gunakan versi paperbacknya sebagai acuan (bisa dilihat di Goodreads atau Amazon). Jika tidak ada versi paperbacknya, silakan mengacu pada ebook yang kalian baca
4. Harus karya pengarang yang baru bagi peserta. Jadi belum pernah dibaca sebelumnya. Apakah debut masuk? Boleh. Apakah karya lama (misal classic) masuk? Selama pengarang itu tidak pernah kalian baca karyanya, maka diperbolehkan.
5. Diperbolehkan membaca baik edisi terjemahan maupun edisi bahasa asli (Inggris, Korea, Jepang, Jerman, etc). Pengarang dari Indonesia maupun dari luar negeri diperbolehkan.
6. Tidak diperbolehkan re-read (membaca ulang)
7. Jika buku yang dibaca adalah bagian dari serial, hanya buku pertama yang masuk dalam challenge ini. Buku selanjutnya tidak dihitung. Namun, tidak masalah jika by accident, kamu malah membaca buku yang ke-2 atau ke-3, selama itu kali pertama kalian membaca buku karya pengarang yang bersangkutan.
8. Satu pengarang satu buku (termasuk juga kumcer). Jadi jika nanti ada entri double saat update progress, saya berhak untuk menghapusnya
9. Boleh digabung dengan reading challenge lain, baik dari blog ini, blog – blog lain atau challenge di Goodreads.
10. Tidak wajib membuat master post. Karena saya tahu bikin master post itu bisa sangat merepotkan (hahaha XD), jadi untuk opsi ini tidak saya wajibkan🙂. Jika tidak membuat masterpost, mohon setelah mendaftarkan link blog kalian dan juga alamat email di kolom komentar, sebutkan level dan  kategori khusus yang akan kalian ambil  di kolom komentar.

Bagi yang tidak punya blog, bisa membuat shelf di Goodreads dengan nama shelf “Challenge New Author RLC 2015” dan silakan daftarkan linknya di kolom komentar. Jika tidak punya Goodreads dan blog, silakan hubungi saya.
11. Level challenge “New Authors” :
Easy : 1-15 buku
Middle : 15-30 buku
Hard: 30-50 buku
Maniac : > 50 buku

Naik level diperbolehkan, jika peserta mengambil level Easy, Middle, dan Hard. Mohon untuk memberitahukan ke saya di postingan ini jika ingin naik level🙂

12. Berikut ini adalah kategori khusus untuk NARC. Kategori ini semacam RC tambahan di dalam NARC. Tidak wajib diambil, tapi bagi yang menginginkan challenge tambahan bisa mengambilnya. Kategori yang ingin diambil terserah, boleh pilih semuanya atau boleh pilih minimal 2 (dua) kategori :

a. What’s in a Name: Baca buku karya pengarang baru dengan nama tokoh di judulnya. Baca minimal 6 (enam) judul buku dalam setahun.

b. Genre 101 : Baca buku karya pengarang baru dengan genre – genre ini. Silakan pilih minimal 12 (dua belas) genre dan baca minimal 1 (satu) judul buku untuk tiap genre yang dipilih. Maksimal genre yang diambil dan buku yang dibaca tiap genrenya tidak dibatasi. Jenis genre:

Fantasy, Contemporary Romance, Thriller, New Adult, Religion/Spiritual,  Erotica, Asian Lit, History (boleh fiction ataupun romance), Urban Fantasy, Children Lit, Mystery/Crime, Steampunk, Humor, Sport, Young Adult, Science Fiction, Paranormal Romance, LGBT, Horror, Dystopia,  Holiday, Classic, Chiclit, Music, Travel, Biography, Adventure, Women Fiction.

Total minimal buku yang dibaca: 12 (dua belas) buku

Terkait tentang genre ini, untuk menentukan genre buku yang teman – teman baca silakan mengacu pada Goodreads atau web pengarang yang bersangkutan🙂. Jika masih ragu silakan bertanya disini, supaya saya atau teman lain yang lebih paham bisa membantu. Apabila dalam buku yang dibaca teman – teman misalnya memiliki dua genre (misal genrenya YA dan Steampunk) silakan pilih salah satu saja yang merupakan genre yang utama.

c. Girl Power! : Baca buku karya pengarang baru dengan karakter utama wanita yang kuat, mandiri, cerdas, well, silakan tentukan karakteristik tokoh utama yang masuk dalam kategori ini😉. Baca minimal 6 (enam) judul buku dalam setahun.

d. Ebook Lover: Untuk kamu yang pecinta ebook. Baca minimal 6 (enam) judul buku karya pengarang baru dengan format ebook dalam setahun.

e. Series Addict: Yang ingin mencoba seri buku baru. Baca minimal 6(enam) judul buku yang merupakan buku pertama dari seri karya pengarang baru dalam setahun. Terkait dengan kategori ini, tetap mengacu ke rules no 7🙂.

Contoh: Peserta mengambil kategori ini. Maka dia akan memilih 6 seri dari 6 pengarang baru yang belum pernah dia baca sebelumnya. Jadi dia akan membaca Fellowship of the Ring (buku pertama seri LOTR), Divergent (buku pertama seri Divergent), Dark Lover (buku pertama seri Black Dagger Brotherhood), Percy Jackson & The Lightning Thief (buku pertama seri Percy Jackson), Seraphina (buku pertama seri Seraphina) dan The Maze Runner (buku pertama seri The Maze Runner)

Hanya buku pertama saja dari seri oleh pengarang yang berbeda yang dibaca ^^. Semoga jelas yaaa

f. Support Local Author: Mari baca buku karya pengarang baru dari negara kita tercinta, Indonesia!😀 Baca minimal 6 (enam) judul buku dalam setahun

Catatan: 
# Jika teman – teman memilih salah satu dari kategori di atas, buku – buku yang dibaca tetap masuk dalam level yang sudah diambil.
Sebagai contoh: A mengambil level Easy (baca 15 buku) dan memilih kategori Ebook Lover. Selama setahun dia membaca 7 buku dengan format ebook. Maka 7 buku ini tetap masuk dalam 15 buku yang harus dibaca selama setahun oleh A.
# Jika teman – teman memilih lebih dari 1 (satu) kategori khusus, buku yang dibaca hanya boleh masuk dalam 1 (satu) kategori saja. 
Sebagai contoh: B mengambil kategori What’s in a Name dan Genre 101 Ia lalu membaca Acheron yang masuk dalam dua kategori itu. Maka B harus memilih salah satu, apakah masuk di What’s in a Name atau Genre 101.

13. Tidak wajib untuk mereview. Jika ingin mereview, bisa menulis review di blog maupun Goodreads. (atau di notes FB).Untuk yang memberikan review buku saat update progress akan ada rewardnya😀.
14. Pendaftaran dibuka mulai hari ini (5 Januari 2015) dan dibuka sampai 1 Desember 2015. Peserta dibebaskan untuk mendaftar kapan saja.
15. Update reading progress akan dibuka setiap dua bulan sekali. Akan diadakan giveaway untuk peserta yang mengupdate progressnya saat link update dibuka.
16. Blogger yang menjadi partisipan, mohon untuk mencantumkan button reading challenge di bawah ini di masterpost (jika membuat) dan sidebar blog kalian. Mohon untuk mencantumkan linkback ke postingan blog ini🙂

Saya mengambil kategori Middle (15-30 buku), dan kategori khusus saya ambil ‘What’s in a Name‘, ‘Genre 101‘,  dan ‘Ebook Lover‘.

Akhir kata, semoga berhasil!!