Lagi iseng buka-buka folder di laptop. Eh, nemu buku yang judulnya The New Teacher’s Guide to Success karya dari Matthew Haldeman. Buku ini memiliki tajuk seperti ini A personalized planning guide for beginning teachers

Saya ingat-ingat lagi, dari mana saya dapat buku ini. Baru ingat bahwa buku ini diberi oleh pak kepala jurusan Matematikaku, pak Prof. Toto Nusantara (sebenarnya teman yang diberi, kerjaanku adalah mengkopi file buku atau ataupun yang bagus dari laptop teman-teman, hehe). Dalam bab 1 buku ini menyebutkan ada 5 style atau gaya dari guru. Berikut yang saya kutip dengan bahasa saya sendiri.

Menurut Matthew haldeman (2008) ada 5 style dari guru yaitu:

The Disciplinarian
style pertama adalah guru dengan rasa disiplin yang sangat tinggi. Disiplin di sini bukan berarti gurunya berbicara atau berkelakuan kasar kepada muridnya. Tetapi The Disciplinarian akan mempunyai serangkaian rule/aturan yang harus dipatuhi oleh muridnya. Jika melanggar pasti akan terkena konsekuensinya.

The Caregiver
Alasan utama seorang Caregiver menjadi guru adalah untuk membantu muridnya. MembantU dalam artian tidak hanya dalm kelas tapi diluar kelas guru berusaha meluangkan waktU untuk muridnya yang ingin konsultasi. Tipe ini sangat disukai oleh muridnya.

The Fun Lover
Guru dengan tipe ini dapat membuat situasi kelas menjadi menyenangakan. The Fun Lover akan berusaha membuat muridnya antusias dalam belajar. Bahkan tidak segan untuk bernyanyi atau menari agar suasana semenyenangkan mungkin.

The Organizer
tipe ini adalah guru yang boleh dikata rajin. Rajin memberi tugas dan ujian. Setiap melakukan sesuatu pasti dicatat dalam entah agenda atau buku jurnal. Karena segalanya must be perfect.

The Community Creator
Sebelum memulai pembelajaran pasti sang guru akan mumulai membuat kesepakatan. Di mulai dengan aturan kelas, hukuman, tentunya disepakati kelas. Sehingga murid tidak akan merasa terbebani. Karena aturannya mereka sendiri yang buat. Guru tipe ini menjunjung tinggi kerjasama kelas untUk mencapai kesuksesan bersama.

Nah, dari kelima tipe atau style di atas mana yang sering anda temui?