Tahun ajaran baru sudah dimulai kemarin (12/7). Nah, yang saya ingat dari awal sekolah adalah mencari tempat duduk atau bangku. Posisi dari bangku ini akan menentukan prestasi kita.

Mengapa kok begitu?

Yaph, kita ambil permisalan saja, jika kita mendapatkan bangku belakang. Kadang kita jadi tidak konsentrasi. Mulai dari tulisan di papan yang tidak jelas. Suara guru tidak terdengar, sampai godaan untuk berbicara sendiri.

Dengan duduk di depan maka kita akan lebih fokus menerima pelajaran. Segalanya akan lebih jelas dibanding di belakang. Dan diharapkan dengan keadaan seperti ini prestasi kita akan baik. Walaupun faktor yang menentukan prestasi tidak hanya pada posisi kita dalam kelas.

Saya melihat berita di tV yang menunjukkan antusias siswa SD dalam mencari bangku. Bahkan sejak subuh sudah datang ke sekolah untuk siap-siap rebutan. Saya pun dulu juga demikian saat SD. Pergi pagi-pagi buat rebutan bangku terdepan.

Waktu SMP pun juga, namun bangku yang saya pilih justru no.2 dari depan. Bukan bangku yang terdepan. Saat SMA justru bangku no.3 dari depan. Saya juga tidak tahu dari perubahan ini. Semakin tinggi tingkatan sekolah, bangku terdepan adalah sesuatu ancaman.

Mungkin saat SMP ataupun SMA, posisi bangku belakang menentukan prestasi mereka. Karena dengan bertempat dibelakang mereja akan bebas ataupun bisa curang dalam ujian ataupun lainnya. Saya pun tidak munafik pernah merasakan yang namanya mencontek. Hehe

Namun sejak saya kuliah dibidang kuguruan saya belajar mengenai psikologi dan perkembangan pikiran peserta didik. Jadi tahu jika yang aku lakukan dulu adalah salah. Namun aku akan menebusnya dengan berusaha menjadi guru yang baik dan kompeten. Sehingga murid saya bisa paham akan materi, sehingga tidak akan ada atau setidaknya mengurangi praktik kecurangan ini.

Menurut sahabat blogger, apakah posisi menentukan prestasi?

Salam blogger!