Pasti yang namanya matematika sampai sekarang menjadi pelajaran paling tidak favorit. Atau bahkan pelajaran yang sangat dibenci. Namun, tahukah jika belajar matematika itu menyenangkan. Jika belajarnya dengan cara yang benar. Berikut adalah 5 caranya yang saya lakukan selama ini.

Pahami maksud materi
Terkadang saat belajar matematika pasti yang ada dipikiran kita adalah “rumus”. Matematika adalah sekumpulan rumus yang membosankan. Ini adalah pandangan yang salah. Pahami materinya dahulu, jangan langsung ke soal dan rumus. Jika belajar hanya pada rumus, saat diberi soalnya pengembangan akan bingung karena kadang tidak sesuai rumus. Matematika sama seperti pelajaran lain yang membutuhkan pemahaman.

Rajin kerjakan soal
Setelah memahami materi, langkah selanjutnya adalah mengerjakan soal. Hal ini dilakukan untUk mengecek pemahaman kita. Kerjakan perlahan dari soal mudah sampai sulit. Dengan sering mengerjakan maka pemahaman kita akan bertambah.

Buat soal dan kerjakan
Ini mungkin cara yang jarang dilakukan. Yaitu membuat soal sendiri. Sebenarnya membuat soal jauh lebih sulit dari cuma mengerjakan. Karena dengan membuat soal perlu pemahaman yang ganda. Mungkin kita dapat membuat soal dan ditukar dengan teman.

Jangan menyerah
Mungkin banyak yang menyerah dalam belajar matematika. Atau juga pasrah saja. Memang matematika sulit, dan matematika bukan tipe jika belajar sekali langsung bisa. Perlu pengulangan yang teratur untuk lebih meningkatkan pemahaman. Jangan menyerah, teruslah semangat belajar matematika.😀

Sukai matematika
Yang terpenting memang harus menyukai matematika dulu. Sesuatu jika diawali dengan rasa suka pasti akan membuat kita ingin terus mempelajarinya sampai bisa. Jika dari awal sudah tidak suka, pasti akan masa bodoh. Mau bisa terserah atau tidak pun terserah.

Sekian yang dapat saya bagi, semoga bermanfaat untuk kita semua. Amin

Salam Blogger!