Angka adalah sebuah simbol yang dibuat untuk menunjukkan nilai dari bilangan. Angka sendiri ada sejarahnya, sejak dari jaman prasejarah dengan simbol yang masih sederhana. Sampai muncul penomoran menggunakan angka romawi, angka arab dan modern yang kita punya sekarang. Mulai dari 0 sampai 9, sebelum akhirnya dikombinasikan menghasilan beberapa deretan angka angka.

Angka dan bilangan adalah dua hal yang berbeda. Namun sangat berkaitan satu dengan lainnya. Jika angka adalah simbolnya maka bilangan adalah nilai yang di simbolkan tersebut. Memang sering terjadi kesalahan terhadap angka dan bilangan. Atau bahkan menganggapnya sama. Angka dalam bahasa inggris adalah digit, dan bilangan dalam bahasa inggris adalah number.

Sering sekali kita mendengar angka kosong. Terutama pada saat menyebutkan nomor ponsel. Nomor ponselmu apa? Kosong delapan bla bla bla. Disini perlu di garis bawahi juga jika kosong dan nol itu berbeda. 0 adalah symbol yang digunakan untuk nol. Karena ada suatu nilai nol dan tidak ada nilai kosong.

Kosong artinya hampir mirip dengan nol, yaitu tidak ada apa-apa. Namun penyimbolannya yang beda. Coba perhatikan notasi himpunan berikut { }, artinya himpunan kosong. Namun jika seperti ini {0} maka himpunan ini ada isinya yaitu angka 0. Jadi angka 0 dan angka kosong itu berbeda. Jadi yang benar jika ditanya nomor ponsel kita bilang “nol delapan bla bla… ” atau “kosong delapan bla bla…” ?

Saya sering sekali memarahi adik dan juga orangtua. Jikalau menyebut angka 0 dengan kosong. Juga kepada beberapa anak yang ikut les dengan saya. Intinya cuma meluruskan saja. Ini adalah hal kecil tentang penyebutan angka. Namun ini konsep yang mendasar.

Semoga bermanfaat, salam blogger!

Diikutkan dalam acara reboan ASKAT 8juni dengan tema Angka di NewblogCamp