Hampir seminggu saya tidak produktif menghasilkan tulisan dan blogwalking. Karena gangguan internet mobile saya dan ada ujian juga. Seakan mati rasa ponsel tidak bisa digunakan untuk internetan. Sepertinya internet sudah membuatku candu kepadanya. Mungkin juga buat sahabat narablog semua.

Sempat beberapa kali keliling belantara blog yang luas ini saya menemukan beberapa generasi muda blogger bermunculan. Kenapa saya bilang seperti ini, karena rata-rata mereka berumur 16-17tahun. Ada juga saya menemukan yang berumur 13tahun.

Wow, thats amazing. Anak seumuran itu sudah memulai karir ngeblog. Saya mulai blogging pada umur 20tahun, dan sudah berjalan 2tahun belakangan ini.

Pada postingan ini saya akan share serba serbi tentang blogging terutama buat pemula, berdasar pengalaman saya dulu.

1. Postingan
Biasanya saat awal ngeblog dalam sehari pasti bisa posting puluhan tulisan. Seakan akan haus posting tulisan di blog. Merasa tidak mau jika blognya kosongan tidak ada apa apanya.

Artikel biasanya copas copas saja, karena pengin suplay tulisan di blog terus mengalir. Tidak salah sih, namun jika mengutip pada artikel lain hendaknya mencamtumkan tautan ke tempat yang di copy tadi. Mungkin inilah etika dalam mengutip di blog. Walaupun tidak ada hak paten, kita harus menghormati karya orang lain.

Postingan hendaknya tulisan sendiri. Walau bahasanya hancur, namun akan lebih baik dari cuma sekedar copas. Karena blogging adalah belajar, jadi tidak masalah jika awalnya jelek, toh kita akan lebih menghargai tulisan sendiri daripada tulisan yang cuma copas saja.

2. Tampilan blog
Ini sepertinya sangat peting, jika awal ngeblog pasti kebingungan memilih tema blog. Kepingin memasang banner warna warni seperti pada blog yang sudah famous. Intinya ingin membuat blog semenarik mungkin.

3. Traffic , Alexa, Pagerank
Yah, sepertinya yang bagian ini saya mengalami sendiri. Selalu memperhatikan traffic blog. Bingung bagaimana cara biar yang datang ke blog banyak. Lalu cepat cepat ingin blog punya ranking di alexa. Sehingaa pasti akan daftar kemana mana. Berburu backlink ke blog dofollow dan tentunya bertukar link.

Pusaka yang paling hebat adalah pagerank. Ini sepertinya palin sulit di dapatkan. Saya sendiri mendapat hadiah dari google setelah setahun blogging. Itupun selamat setahun kemudian tetap bertahan di pagerank 2. Hehehe.

4. Blogwalking
Sebenarnya part penting dalam blogging adalah blogwalking atau lebih dikenal BW. Inilah jalan membentuk komunikasi sosial dengan para blogger atau narablog lain. Tentunya tidak mungkin kita cuma posting lalu diam saja. Kita juga perlu membentuk jaringan sosial kita di dunia blog.

5. Kontes
Blogger yang masih hijau pasti senang dengan kontes. Padahal saya sekarang juga demen berburu kontes di blog. Hehe. Blogger muda ingin menjajal eksistensinya, dan ingin sekedar di akui oleh para senior.

Yaph, blogger muda sangat senang jika ada senior mampir, menyapa di blog serta memberi masukan. Itu akan membuat mereka merasa dipandang keberadaannya. Dan akan membuat sesuatu yang bagus agar bognya lebih bagus lagi.

Sepertinya cukup itu saja yang ingin saya sampaikan. Mungkin ada tambahan dari pengalaman sahabat blogger?

Semoga blog isinya bukan kumpulan ibu2 atau bapak2 saja, namun anak muda yang kreatif yang mulai belajar menulis dan mengekspresikan pemikiran mereka. seperti tagline blog ini.

Budayakan ngeblog!
Budayakan menulis!
Salam blogger

Advertisements