Minggu ini tingkat pendidikan SMP selesai menjalankan Ujian Nasionalnya. Kamis kemarin tepatnya setelah empat hari semua siswa mengerahkan semua kemampuannya menebas satu persatu soal. Untuk mendapatkan nilai baik dan lulus tentunya.

Pada saat sekarang Ujian Nasional baik untuk satuan SMP dan SMA terdiri dari 5paket. Jadi ada 5 jenis soal dalam satu ruangan yang berisi 20 anak. Padahal jaman saya SMP semua soal sama, dan saat SMA soal hanya dua paket.

Tapi kok saya berpikiran pembuatan soal sampai 5 paket itu sepertinya terlalu memojokkan siswa. Rasa-rasanya siswa itu seperti tukang nyontek sehinggu dibuat beragam jenis soal. Dibuat banyak jenis soal agar siswa jujur mengerjakan soal.

Ironis mungkin itu yang perlu menggaris bawahi soal ini. Mengapa? karena beberapa teman kuliah yang mempunyai adik SMP bilang jika adaiknya mendapat kunci jawaban dari guru mereka. Bahkan mendapatkan sehari sebelum ujian.

Saya jadi berpikir???

Kata pemerintah soal tidak bocor??

Lalu oknum tak bertanggungjawab itu dapat soal darimana???

Kenapa melakukan itu??

Apa sekolah tersebut tidak mempersiapkan muridnya dengan baik. Sehingga sampai memberikan kunci jawaban. Apa gunanya ujian jika cuma seperti ini jadinya???

Jadi yang salah siapa??
Apakah dalam hal ini kita bisa menyalahkan siswa sebagai tukang nyontek??

Salam Blogger!