Buku adalah salah satu media untuk mentransfer ilmu. Dari buku kita bisa mendapatkan ilmu apa saja. Dari buku kita bisa mengetahui isi dunia ini. Walau kita cuma duduk di rumah tanpa sedikitpun melangkah.

Sejak jaman manusia mengenal simbol untuk mengekspresikan pikirannya, mungkin itulah awal dari buku. Yang saya tahu seperti pada bangsa china, menggunkan perkamen dari kain untuk menulis. Hingga pada suatu waktu ditemukan kertas.

Jaman sekarang sudah tidak sulit mencari buku. Di dukung perkembangan teknologi yang handal. Buku bisa kita dapatkan dalam bentuk apa saja. Yang lagi ngetrend sekarang adalah ebook. Buku versi elektronik, entah format .pdf atau format digital yang lain.

Buku sangat melimpah ruah diluar sana, namun yang menjadi masalah adalah minat membaca masih rendah. Lebih asik FB an, atau chating daripada membaca buku. Buku semacam simbol kemalasan. Baru melihat buku bisa langsung mengantuk.

Memang sejak kecil harus dibudayakan membaca. Agar jika sudah dewasa, membaca bukan lagi hoby tetapi kebutuhan.

Sekarang 23 April, diperingati oleh Unesco sebagai hari buku dunia. Bertepatan dengan wafatnya William Shakespeare.

Sepertinya untuk jaman sekarang saya tidak akan bertanya berapa buku yang kalian baca, karena buku sudah melimpah ruah. Jadi untuk saat ini saya akan bertanya.

“Berapa Buku Yang Kalian Tulis?”

Ayo kita perkaya, keragaman buku di Dunia ini.

Salam Blogger!

Advertisements