Malang, 22 April 3011

Untuk yang tersayang generasi pertama Adi Nugroho. Kakek ku yang tersayang, aku adalah generasimu yang ke 17. Namaku Adi Nugroho XVII, nama pemberian dari Ayahku Adi Nugroho XVI.

Aku hidup pada milenium ke-3, dimana dibumi ini sama sekali tidak ada yang namanya tumbuhan. Tidak ada yang namanya hewan. Semuanya serba robot dan canggih. Juga surat ini, ini adalah penemuan 5tahun lalu, yang memungkinkan aku mengirim surat ke masa lalu.

Hey kakek, jika kau membaca surat ini aku ingin meminta tolong. Bisakah kau menjaga satu saja pohon buatku?

Aku sedang memnyelesaikan proyek mesin waktuku sekarang. Entah 5 aatau 20 tahun lagi aku akan berkunjung ke tempatmu. Untuk melihat pohon, menyentuh dan mencium baunya.

Bisakah kek kau merawat seekor kunang-kunang untukku? Aku sangat bermimpi menyaksikan dengan kepalaku sendiri kilauan indah cahaya kunang-kunang yang berjalan di telapak tanganku.

Kek bisakah kau menjaga sebuah sumber air untukku? Aku ingin meneguk segernya sumber air bumi ini, yang masih murni belum tercemar oleh limbah. Di masaku aku hanya meminum air daur ulang. Bersih tapi tidak ada rasa segar seperti yang ku bayangkan.

Satu meter persegi saja kek, jaga hutan untukku. Aku ingin melihat rimbunnya dedaunan pohon yang menjulang tinggi. Semut, kumbang dan kicauan burung membuatku sampai bermimpi-mimpi untuk menyentuhnya.

Kek apa kau tahu buah terong itu seperti apa? Sekarang sedang diadakan riset untuk menumbuhkan itu di masaku. Apa kau bisa mencarikanku bibit terong untukku?

Aku mendengar ada hewan yang bermetamorfosis? Aku paham teori itu, tapi aku ingin melihat langsung katak muncul dari telur, berudu sampai menjadi katak dewasa.

Apa permintaanku berlebihan kek? Aku hanya ingin kakek menjaga bumi sebisa kakek. Karena kakek masih beruntung menikmati keragaman flora fauna pada masa kakek. Di masaku itu cuma tinggal cerita. Aku cuma bermimpi, surat kecilku ini akan bisa merubah duniaku sekarang, menjadi bumi yang hijau pada masa kakek, karena bumi yang terawat oleh tanganmu.

Jaga bumi kek!
Aku ingin menikmati bumi yang hijau dan penuh warna.

—–

Salam Blogger!

Advertisements