Dewasa ini yang namanya komunikasi sudahlah sangat maju. Di mulai dari munculnya ponsel yang menggantikan peran surat sebagai media teks dalam menyampaikan pesan, dengan adanya fitur pesan singkat.

Begitu mudahnya komunikasi menggunakan ponsel ini. Bahkan sampai sekarang masih bertahan, walau jamannya sudah internet. Sehingga berkomunikasi bisa dilakukan via email, chatting sampai video call. Namun penggunaan pesan singkat ini masihlah sangat dominan. Buktinya beberapa provider layanan seluler beradu mengobral promo pesan singkat ini.

Saya tidak akan membahas mengenai perang tarif atau promo pesan singkat tetapi tentang apa yang saya alami dengan pesan singkat. Jika teman narablog memperhatikan dari tadi saya tidak menggunakan “SMS” sebagai pengganti “pesan singkat”. Mengapa? Perhatikan kutipan berikut.

., Mz Adi ni Bima
., nti lesz’y jm brP???
., cmZ akko zw
., klo dach atur jm’y

Itu salah satu pesan singkat dari murid les saya. Karena saya berkecimpung di dunia per-LES-an. Otomatis interaksi saya dengan anak sekolahan semua. Dan pastinya tipe anak yang berbeda-beda. Dan gaya pesan singkat yang berbeda pula.

Jika saya mengamati kutipan itu, pasti langsung muncul banyak pertanyaan dalam pikiranku.

Pertama
Gunanya ada titik koma sebelum awal kalimat atau frase itu apa ya?

Kedua
Pada kata “lesz” kenapa harus ada tambahan “z” ? Walau saya tahu itu maksudnya “les”.

Ketiga
Pada kata “akko”, saya sempat berpikir beberapa detik maksud kata ini. Ternyata maksudnya “aku”. Kenapa tidak pakai ejaan lama “akoe” pasti saya langsung paham.

Keempat
Ini yang jadi pamungkasnya, kata “cmz”. Wah agak panjang saya berpikirnya. Dan akhirnya saya mendapatkan jawaban setelah bertanya adik saya yang SMP. Ternyata artinya SMS.

Wah, benar-benar pesan singkat dari anak jaman sekarang membuatku pusing membacanya. Dari satu kata “cmz” saja sudah tidak tahu maksudnya apa. Saya sempat berfikir, apakah Short Message Service (SMS) sudah berubah menjadi Chort Message Zervice (CMZ) ? Entahlah..

Apakah sahabat narablog pernah mendapat pesan singkat yang membuat anda bingung membacanya?

Salam Blogger!

—-
@bus on the way to Malang