Akhir-akhir ini yang namanya Sekolah dengan embel-embel bertaraf Internasional bak jamur dimusim hujan. Sudah menyebar dari kota besar sampai ke kota kecil. Sepertinya sangat keren jika anak atau adik bersekolah di SBI atau cuma RSBI.

Mendengar kata SBI pasti yang ada dibayangan kita adalah sekolah full bahasa Inggris. Penuh fasilitas yang hitek. Dan tentunya biaya yang sangat tinggi. Karena kalau sudah berpredikat SBI wajib punya laptop dan buku yang lengkap.

Ok lah, jika menengok fasilitas memang sudah memadai. Namun jika dari tenaga pendidik sepertinya masih belum siap. Ada sebagian yang cuma dikursuskan bahasa Inggris saja, sudah menjadi guru bilingual.

Jika menurut saya, cuma dengan kursus saja tidak cukup. Karena bahasa Inggris yang khusus belum tentu diajarkan. Misal istilah dalam matematika sangat beda dengan bahasa Inggris formal yang diajarkan.

Kata salah satu dosen saya, yang juga konselor SBI khususnya matematika. Predikat SBI cuma proyek, supaya dapat limpahan dana. Padahal dari sumber daya manusianya belum siap.

Semoga ada perbaikan di sana sini, supaya bukan cuma embel-embel SBI tapi dalamnya tetap tidak berubah. Sekelumit pendapat saya, tidak ada unsur menghina ataupun yang lain.

Salam blogger!