Korea adalah salah satu negara di Asia Timur yang perkembangannya sangat pesat terutama di sektor hiburannya. Mulai dari drama (sinetron jika di Indonesia) sampai lagu juga sudah mendunia. Tidak usah saya tunjukkan buktinya seperti apa, pasti blogger semua sudah tahu juga TV swasta nasional kita sudah dibanjiri dengan drama korea. Dan kesemuanya memiliki rating yang tinggi.

Saya sendiri juga penyuka korea, walau awalnya penyuka hal berbau Jepang. Yang membuat artis korea maju dan mendunia (terutama Asia, lebih khusus lagi Indonesia). Menurut sepengamatan saya adalah jika artisnya produktif. Dalam artian setiap kurun 2-3bulan pasti merilis lagu baru. Entah album ataupun cuma single. Karena pada sejatinya fans selalu menginginkan sometings new from her/his idol.

Yang saya tahu, sebagian artis Indonesia agak mandul dalam menelorkan album ataupun cuma single. Bahkan sampai hitungan tahun baru muncul yang baru. Mungkin hal ini yang mengakibatkan permusikan Indonesia belum begitu pesat perkembangannya dibanding korea ataupun jepang. Padahal fans ingin ada yang baru, tidak yang lama diulang terus.

Kedua tentang sinetron, kenapa kok sinetron kita tidak go Internasional ya? Malahan kita yang sering melihat drama negara lain. Mungkin ditilik dari banyaknya episode, dengar episodenya yang banyak saja sudah enggan buat streaming bahkan download. Drama korea biasanya episodenya antara 16-20. Drama jepang justru sekitar 10-15 episode saja. Selain dari jumlah episode juga dari jalan ceritanya. Sudah tahukan bagaimana sinetron kita, sampai berseason-season tidak tamat-tamat.

Maksud postingan ini bukan untuk menjelek-jelekkan produksi dalam negeri. Tapi cuma mengungkapkan realita saja. Saya ingin juga produksi dalam negeri juga sampai go Internasional, asia saja tidak usah muluk-muluk. Semoga produser baca postingan ini, biar bisa perbaiki kualitas artis dan produksinya. Saya berharap 10-20 tahun lagi sinetron kita diputar di televisi korea dan jepang. Amin!

Salam Blogger!