Seorang murid bertanya kepada gurunya. “pak apa gunanya kita belajar ini?” atau “wah pak apa ada fungsinya kita mempelajari ini?” dan pertanyaan serupa lainnya.

Nah kenapa pertanyaan ini muncul?

Saat melakukan suatu pembelajaran kita akan membuat lesson plan. Di dalamnya ada tiga komponen pokok, yaitu bagian pendahuluan, isi dan penutup. Yang nantinya akan dilaksanakan secara berurutan.

Namun sering guru melewatkan bagian pendahuluan. Padahal pendahuluan sangat penting, walau cuma durasi cuma sekitar 10menitan.

Mengapa penting?

Di dalam pendahuluan terdapat part pemberian motivasi. Motivasi untuk pembelajaran yang berlangsung. Motivasi bisa berupa manfaat kita belajar ataupun hal lain yang membuat peserta didik tertarik untuk mempelajari materi yang diajarkan.

Diharapkan setiap pembelajaran guru dapat memberikan motivasi kepada peserta didiknya. Tapi memang sulit untuk membuat motivasi terkait materi. Namun tidak ada salah mencoba. Sehingga dengan adanya ini pertanyaan di atas tidak akan muncul, karena dengan sendirinya dia tau bahwa belajar pasti ada manfaatnya, apapun materinya.

Semoga bermanfaat!

salam blogger!