Mungkin sudah banyak yang mendengar tentang magic word ini. Di Jepang dikenal dengan istilah 3 magic word. Apakah itu?

ありがとうございます。
Dibaca ” arigatou gozaimasu ”

Yang artinya terima kasih. Mengapa kata ini disebut magig word? Karena hanya dengan mengatakannya kepada orang yang telah memberi sesuatu, entah materiil maupun moril. Saya yakin pasti orang tersebut senang. Dengan catatan orang tersebut ikhlas dalam membantu kita. Dan tidak mengharapkan balasan dari kita. Namun kadang hanya dengan mengucapkannya saja kita mengalami kesulitan. Mungkin juga ada rasa malu atau apa. Tapi mulai sekarang jangan segan-segan mengucapkan kata tersebut kepada siapapun yang telah membantu kita.

ごめんなさい。
Dibaca ” gomennasai ”

Diucapkan ketika kita mempunyai salah kepada orang lain dan berniat minta maaf. Kata inilah yang diucapkan. Sekarang teman blogger bayangkan. Jika ada orang yang punya salah kepada kita, dan dengan sungguh-sungguh minta maaf kepada kita. Bagaimana perasaan kita? Oleh karena itu jika kta punya salah hendaknya sesegera mungkin untuk minta maaf. Jangan membesarkan ego.

しつれいします。
Dibaca “shitsureishimasu ”

Memiliki arti sepadan dengan permisi. mungkin kata ini lebih merujuk ke sopan santun. Atau kalau orang jawa bilang unggah-ungguh. Dengan mengucapkan ini akan memberikan image bahwa anda itu sopan. Tetentunya pada situasi tertentu. Misal saat mau masuk ruangan, atau meninggalkan ruangan. Namun sepertinya di negeri kita kata ini sudah membudaya. Bahkan banyak yang bilang jika orang Indonesia itu ramah-ramah dan sopan. Anda setuju?

Nah, dari teman blogger semua pernahkah pernahkan kesulitan mengucapkan salah satu dari 3 magic word?

Slam Blogger!