Belakangan ini sedang digalakkan yang namanya Lesson Study. Yaitu pembelajaran open class yang bisa diamati.

maksudnya?

Saat pembelajaran berlangsung, ada beberapa pengamat di dalam kelas. Pengamat mencatat apa saja yang terjadi di dalam kelas. Biasanya meliputi, kapan siswa konsentrasi, kapan siswa tidak konsentrasi dan beberapa hal penting yang patut di catat.

Lesson Study berasal dari jepang yang sekarang telah diadaptasi. Di jepang sendiri jika akan ada lesson study, akan ada pengumuman di Internet. Orang yang menginginkan melihat akan datang. Sedangkan di Indonesia biasanya belum terbuka secara umum. Biasanya mengundang ahli lesson study.

Guna dari lesson study?

Gunanya untuk memperbaiki kemampuan guru, memperbaiki cara mengajar. Karena guru di juga diamati. Jika ada kurang maka nanti akan ada masukan. Karena selama ini banyak yang menganggap guru, apalagi guru senior pasti ngajarnya baik. Belum tentu, dengan lesson study akan terlihat kekurangannya.

tahap-tahap lesson study

PLAN
Guru bersama-sama membuat lesson plan (RPP), biasanya akan ditentukan guru model dan yang lain menjadi pengamat.

DO
Guru model melaksanakan pembelajaran. Dan saat dimana diadakan pengamatan.

SEE
Ini adalah tahap terpenting. Tahap ini diadakan refleksi terhadap pembelajaran tadi. Guru diminta menjelaskan pengalamannya. Anggota lain memberikan masukan. Pada tahap ini tidak ada salah menyalahkan. Tetapi setiap ada masalah langsung dicari penyelesaian bersama-sama.

Lesson Study terbukti ampuh untuk memperbaiki pembelajaran, asal prosedur dijalankan dengan tepat. Semoga bermanfaat.

Salam Blogger!

Advertisements