Jujur saya juga baru mendengarnya saat pembekalan PPL 1 di kampus. Dan menurut saya sangat menarik dan perlu saya bagi buat teman blogger semuanya, mengenai apa itu pendidikan karakter.

Pendidikan karakter juga merupakan kebijakan Kementrian Pendidikan Nasional. Yaitu suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan. Karena pendidikan sekarang cuma terfokus pada keilmuannya saja.

Pendidikan karakter bersumber pada suatu Nilai Luhur, baik dari Agama, pengalaman dan juga teori pendidikan. Pemberian pendidikan karakter di mulai dari sekolah, lalu ke keluarga dan masyarakat. Sehingga akan muncul perilaku berkarakter.

Bagaimana cara memasukkannya? Yaitu dengan cara mengintervensi. Misal dalam sepakbola ada seorang anak yang individual mainnya. Dengan ini kita dapat menyisipkan pendidikan karakter, yaitu dengan memberitahu bahwa dia harus dapat bekerjasama dengan temannya.

Dulu pendidikan karakter biasanya cuma dilakukan saat pelajaran PKn atau Agama saja. Karena pendidikan karakter menitikberatkan pada nilai luhur. Namun sekarang semua guru mata pelajaran apapun dituntut agar dapat menyisipkan pendidikan karakter. Dan ironis banyak guru yang belum mengetahuinya.

Tujuan saya menulis ini, adalah agar teman blogger dapat belajar pendidikan karakter. Dan dapat mengajarkannya ke anak, teman atau forum lainnya. Sekian semoga bermanfaat!😀

Salam blogger!