Menjadi seorang guru haruslah KAYA.

KAYA Pengetahun.
Menjadi seorang guru harus memiliki pengetahuan yang luas. Wajib menguasai bidangnya. Dan juga tahu bidang lain yang saling terkait. Sehingga pengetahuannya tidak terbatas pada yang ia ajarkan saja. Dengan memiliki pengetahuan yang luas, maka yang diajarkan pada murid akan beragam.

KAYA sabar.
Hal paling sulit adalah memupuk kesabaran. Sebagian guru cenderung arogan dan berkuasa di kelasnya. Apalagi jika siswanya terus tidak bisa. Pupuk rasa sabar, mengajar dengan sabar lebih baik daripada mengajar dengan tekanan dan arogansi.

KAYA inovasi dan kreatif
Menjadi guru diharapkan mempu menciptakan inovasi dalam belajar. Sehingga murid akan terpacu semangatnya dalam belajar. Dengan pemikiran yang kreatif, guru mampu merancang pembelajarannya sedemikian rupa, agar muridnya cepat memahami materi.

Untuk memiliki tiga kaya itu bukan hal yang gampang, dan bukan juga tidak mungkin. Perlu pengalaman bertahun-tahun. Namun saya akan berusaha mencapainya.

Dari teman blogger, mungkin ada tambahan kaya apa lagi? Tentunya bukan kaya harta, namun kaya yg menunjang pembelajaran.

Salam Blogger!

terinspirasi dari artikel Jawa Pos edisi 21 Januari 2009 hal 34.