Sudah lama tidak menulis mengenai jepang. Postingan sebelumnya di dominasi dengan tema keluarga, sosial dan pendidikan. Karena tema blog ini sendiri juga ada unsur budaya jepang dan jawa.

Dalam sistem perabjadan jepang ada 3 jenis huruf, yaitu hiragana, katakana dan kanji. Untuk kana (hiragana dan katakana) cukup mudah buat di tulis. Yang huruf kanji sulit buat ditulis karena bentuknya rumit. Sehingga perlu adanya step buat melakukan goresan atau stroke. Jika stroke salah maka tidak akan menjadi kanji yang dimaksud atau kurang sempurna.

Beberapa waktu lalu saya bertanya kepada salah satu teman twitter saya. Beliau memberikan link web buat belajar bagaimana menulis kanji yang benar. Walaupun saya mahasiswa matematika namun sejak SMP sudah memiliki ketertarikan dengan bahasa jepang.

Link webnya dapat diklik di sini

Misal untuk kanji ini, kanji ini dibaca ai yang berarti cinta. Cara menulisnya terlihat ada urutan angka dengan wana yang berbeda. Seperti juga pada gambar di bawah ini.

atau juga untuk kanji dan dengan berturut dibaca tomo dan kazoku dengan arti teman dan keluarga. Cara tulisnya seperti pada gambar. Perhatikan urutan stroke atau goresannya.

Sekian postingan ini, akan ada posting lanjutan yang membahas tool belajar bahasa Jepang lainnya. Semoga bermanfaat buat semuanya.😀

Salam blogger!