Kemarin sewaktu melintas di jalan kampus UM di Malang. Saya melihat spanduk yang bertuliskan mengenai dialog tentang masalalah kenakalan remaja atau kenakalan orangtua? Jadilah terinspirasi menulis postingan ini.

Yang namanya kenakalan remaja itu tidak ada matinya, mulai dari remaja yang tawuran, merokok, narkoba sampai pada tindakan asusila. Kenakalan remaja selalu menjadi sorotan. Dan remaja-remaja akan selalu dan selalu terpojokkan.

Sejatinya anak akan selalu mengikuti contoh orang tuanya. Peran orang tua sangatlah penting untuk menentukan perilaku anak. Walaupun lingkungan sosial anak juga memiliki andil yang besar.

Perilaku anak yang menyimpang bukan hanya berasal dari lingkungannya saja. Tetapi juga pengaruh dari kenakalan orang tua. Perilaku menyimpang seperti kekerasan, suka memukul atau paling sederhana saja yaitu merokok. Langsung maupun tidak langsung akan membuat anak menirunya. Misal anak pada lingkungan keluarga yang suka main pukul, maka watak anak akan jadi keras dan juga berperilaku sama. Mengapa demikian? Karena sebagai pelampiasan ledakan emosi anakan, dibawah tekanan orang tuanya.

Jangan selalu menekan ataupun memaksakan kehendak kepada anak. Dewasa ini anak cenderung disetir pada pendidikannya. Yang harus masuk sekolah favorit, harus dapat nilai bagus, harus rangking. Tahukah orang tua jika kami tertekan. Jika sudah demikian anak akan menganggap sekolah itu adalah neraka.

Jika ingin anak punya watak yang baik, jangan memberikan contoh kasar. Jika tidak ingin anak merokok, hindari merokok di depannya. Jika ingin anak sukses, dukung semangatnya dan terus motivasi anak, jangan ditekan untuk mengikuti kemauan orang tua. Karena kenakalan orang tua adalah salah satu penyebab timbulnya kenakalan anak. Karena buah jatuh tidak jauh dari pohonnya.

Salam Blogger!

Advertisements