Prolog: mengapa saya tidak menggunakan judul “belajar dan sosial”? Pada hakikatnya belajar adalah suatU keatan, yang bisa membuat orang bisa tentang suatu hal. Misalnya belajar menyanyi, atau belajar menari. Namun dilihat dari arti belajar yaitu membuat jadi bisa, belajar mencuri atau mencopet pun kan bisa dianggap kegiatan belajar.Dari tidak bisa mencuri sampai bisa. Sedangkan pendidikan selalu berorientasikan pada hal yang positif. Oleh karena itu judulnya menjadi “pendidikan dan sosial” Ok, langsung saja saya mulai.

Jaman sekarang pendidikan adalah yang sangat penting. Mulai dari pendidikan formal di sekolah maupun non formal seperti kursus-kursus. Namun saya tidak membahasa mengenai apa perbedaan keduanya. Fokus saya pada hubungan sosial saat pendidikan.

Jika kita mendapatkan pendidikan di sekolah umum, yang jelas pasti hubungan sosial kita lebih baik daripada yang mengikuti Home Schooling. Karena pada sekolah umum akan terjadi interaksi sosial antar siswa dan guru. Sedang pada Home Schooling interaksi hanya pada guru. Namun ada beberapa kasus di mana seseorang tidak bisa berinteraksi walalu pada sekolah umum. Kita ambil secara umum saja.

Interaksi sosial sangat penting dalam pendidikan. Mengapa demikian? Karena dengan interaksi, transfer ilmu akan berjalan dengan baik. Ilmu tempatnya bukan hanya di buku saja. Ilmu yang sudah kita miliki ataupun teman kita miliki dapat saling ditukar untuk memperbanyak konstruksi ilmu.

Banyak sekali metode dan pendekatan-pendekatan yang menerapkan prinsip sosial ini. Yaitu pembelajaran kooperatif. Inti dari pembelajaran ini adalah pembentukan kelompok-kelompok kecil dengan jumlah 4-5orang. Setiap anggota kelompok bertujuan mencari info-info terkait materi yang diajarkan. Setelah itu kembali ke kelompok untuk di share dan dikonstruksi bersama-sama. Banyak sekali pembelajaran kooperatif, misalnya tipe jigsaw, TSTS dan lainnya.

Jadi, saat belajar terjadi interaksi sosial secara tidak langsung pada lingkup kecil, yaitu kelas. Dengan mampunya berinteraksi pada kelas, di harapkan interaksi pada lingkungan yang lebih luas akan berjalan dengan baik. Sekian semoga bermanfaat.

Salam Blogger!