Saya sangat tertarik dengan kebudayaan Jawa dan Jepang. Mengapa? Saya tertarik dengan budaya jawa karena saya orang jawa, oleh karena itu saya secara tidak langsung punya ketertarikan terhadap budaya jawa. Hal yang membuat saya tertarik adalah tentang aksara jawa dan paribasan (peribahasa).

Aksara jawa menurut saya sangat unik bentuknya. Hampir mirip dengan aksara bali. Bahasa jawa mulai di ajarkan secara formal sejak SD kelas 1. Beserta aksara jawa secara bertahap. Sering sekali beberapa anak sangat kesulitan dalam menuliskannya. Namun jika berlatih terus pasti akan lancar.

Paribasan adalah peribahasa dalam bahasa Jawa, sama seperti pada bahasa Indonesia. Salah satu peribahasa yang saya hafal sampai sekarang adalah “anak polah bapa kepradah”. Arti dari peribahasa ini adalah, jika anak bertingkah pasti bapaknya akan terkena dampaknya. Benar apa tidak?

Kenapa saya suka budaya jepang? Jawabannya karena sejak kecil sudah dapat suguhan Anime Jepang di TV. Mulai dari Doraemon, Sailormoon sampai Naruto dan Bleach. Tv kita sudah diberondong dengan anime jepang. Mau atau tidak pasti akan menyukai budaya jepang.

Saya sendiri suka dengan jepang-jepangan sejak SMP. Mulai gemar mengumpulkan OST anime dan OST dorama Jepang. Dari mendengarkan lagu-lagu jadi tertarik mempelajari bahasanya. Karena saat mendengarkan lagu jepang saya sendiri tidak paham maksudnya. Ehehe

Saat memasuki SMA, ada pelajaran bahasa Jepang selama 2 tahunan. Lumayan lah semakin mendukung saya belajar bahasajepang yang awalnya hanya otodidak. Sejak SMA sampai sekarang saya masih suka mempelajarinya, walau sebenarnya saya kuliah jurusan matematika. Nggak ada nyambungnya antara matematika dan bahasa Jepang. Tapi bagaimanapun saya suka kok, ehehe!

Saya sudah jatuh hati dengan kedua buadaya yang jelas berbeda sekali. Jawa dan Jepang, sudah beda pulau, jaraknya pun jauh. Mungkin jika anda mengeksplor blog ini, pasti menemukan artikel tentang gawa dan jepang. Tapi bukan berarti saya tidak Nasionalis karena suka jepang yang notabenya dulu pernah menjajah, saya tetap cinta Indonesia juga!

Jadi jika disuruh memilih antara budaya jawa atau jepang, saya akan memilih keduanya. Haha!

Kalau anda? Suka budaya apa? Yang jelas budaya Indonesia wajib suka😀

salam blogger!