Akhirnya saya nulis juga tentang matematika lagi. Saya orang pendidikan matematika tapi postingannya kok nggak ada matematikanya. Ehehe. Okelah pada postingan ini saya akan membagi tips buat semuanya.
Postingan ini didasari dari keprihatinan saya kepada murid les saya. Dari yang SD sampai jenjang SMA. Jika ketemu dengan operasi bilangan bulat yang melibatkan bilangan negatif, pasti sering membuat salah. Saya sendiri juga berpikir, kenapa ya kok mereka kesulitan.
Operasi bilangan bulat yang melibatkan bilangan negatif di ajarkan pertama kali pada kelas 4 SD. Saya sangat prihatin saat yg SMA saja masih sering salah. Akhirnya saya pakai cara yang akan saya jelaskan berikut.
Prosedur pemakaian.
1. Hanya untuk operasi penjumlahan dan pengurangan.
2. Membuat 2 lajur, lajur pertama beri tanda (+) dan lajur kedua beri tanda (-)
3. Jajar bilangan yang bernilai postitif pada lajur (+) begitu juga yang (-) jajar bilangan yang bernilai negatif.
4. Jumlah masing-masing lajur dan bandingkan.
5. Jika besar lajur (+) kurangkan dengan lajur (-).
6. Jika besar lajur (-) kurangkan dengan lajur (+), dengan hasilnya diberi tanda negatif dibelakangnya.
Oke, sekarang adalah contohnya langsung, daripada teori nanti tetap bingung.
Contoh 1
buat lajur,
(+)
(-)
jadinya
Contoh 2
buat lajur,
(+)
(-)
jadinya , karena besar lajur (-) maka jadinya
Contoh 3
buat lajur,
(+)
(-)
jadinya , karena lajur (-) lebih besar maka jadi
Contoh 4
ubah dahulu menjadi
buat lajur,
(+)
(-)
jadinya
Sekian, ilmu yang dapat saya bagi. Walau cuman sederhana, saya berharap dapat berguna. Amin. Ok sebelum tulisan ini berakhir saya kasih 1 soal. Ehehe
Salam blogger!
June 15, 2010 at 2:58 pm
@ummu, saya senang jika bermanfaat 😀
June 15, 2010 at 2:17 pm
infonya sangat bermanfaat..saya juga sering kesulitan mengajarkan pelajaran mat pada anak-anak yang masih sd..thanks ..
June 15, 2010 at 6:37 am
@agen2agel, yuph saya jg pnah di ajarkan gt,
@meliana, huUm met diajarkan smg bermanfaat.
June 15, 2010 at 5:56 am
Nanti saya coba ke anak ya 🙂
June 15, 2010 at 1:28 am
Maju terus yah mas Adi :))
Tapi kalau dulu di SMA, saya di ajarkan sistem minus di anggap hutang.
misalnya:
-10+6-8+9=???
jadi gini… hutang 10 di bayar 6 tapi ngutang lagi 8 dan di bayar 9.
hutang 10 di bayar 6 sama dengan masih hutang 4..
belum lunas ngutang lagi 8 jadi total hutang 12.
lalu di bayar 9, jadi sisa hutang tinggal 3.
jawabnya -3.
hehehe
June 14, 2010 at 6:30 pm
@delopadi, hoho tetap smgt ya!
June 14, 2010 at 4:35 pm
walau saya bisa menemukan jawabannya (-3) bukan berarti saya suka matematika.=__=
saya paling benci dengan pelajaran mafia (matematika,fisika,kimia) yang selalu bisa membakar rapor saya pada jaman sekolah.>__<
June 14, 2010 at 4:02 pm
@m mursyid, semoga bermanfaat 😀
@tary, kuncinya kudu seneng dulu, kalo mw bisa.
@eyang. Yuph2. .
@ifan jayadi, ayo terus semangat mas! Pasti bisa kok,
@regina, gud mbak bener sekali,
@mbah jiwo, bnyk blog math laen mbah, lgn blog ini nggak cuma math ja.
June 14, 2010 at 3:50 pm
ngeliat matematika aja sesak nafas gw
blog ku
blog ku
jurusanku ke
fakultasku
June 14, 2010 at 3:35 pm
ini mungkin satu2nya blog math…