Apa sih sebenarnya mobile blogger itu?

Sebernarnya belum ada definisi yang jelas mengenai mobile blogger. Yang jelas seorang mobile blogger melakukan sebagian aktifitas nge-blog nya melalui mobile phone (hp). Baik untuk posting maupun untuk blog walking (BW).

Boleh dibilang jika saya adalah seorang mobile blogger. Karena aktivitas blogging saya lewat handphone. Seingat saya cuma sekitar 5 dari total postingan saya yang 142, yang saya post lewat laptop saya. Saya akan menceritakan sedikit pengalaman saya selama menjalani mobile blogger.

gadget yang di pakai?

Selama hampir 1 tahun, tepatnya Juli 2009 saya memulai aktivitas ngeblog. Tidak tahu dimana datangnya, kok tiba-tiba pengen punya blog. Hanya berbekal HP nokia 6600. Saya memulai aktivitas yang masih baru ini. Postingan pertama saya ini yang saya ketik lewat draft sms. Yang nantinya bisa di copy and paste dan saya publish.

menggunakan apa, posting blognya?

Untunglah sudah ada Opera Mini v4.2 yang cukup membantu. Lewat browser hp ini saya menghabiskan waktu untuk posting dan BW tentunya.πŸ˜€

Saya juga menggunakan opera mini modif yang memungkinkan saya untuk copy and paste artikel. Jadi jika sekiranya ada artikel atau sesuatu yang bagus saat BW, tinggal copas dan diramu menjadi postingan yang baru.

susah tidak BW lewat HP?

Bisa dibilang susah bisa juga tidak. Untuk blog dengan domain wordpress ataupun blogdetik tidak ada hambatan yang terjadi. Karena kedua layanan tersebut mendukung versi mobile. Sehingga cukup mudah dibuka menggunakan opera mini. Untuk blog lain yang berdomain .com, .net, .web.id saya cenderung tidak membukanya. Kecuali mereka memasang plugin mobile. Bukan bermasuk diskriminasi domain tapinya. Ehehe

bagaimana dengan pulsa?

Namanya juga mobile blogger. Aktivitas ngenet lewat hape dan menggunakan pulsa. Untuk inilah alasan mengapa saya cuma buka blog yang punya versi mobile. Yaph, anda benar, untuk penghematan pulsa.πŸ˜€

Jika buka blog dengan domain wordpress mungkin cuma menghabiskan sekitar 40kb. Pokoknya setiap BW ke 20 blog saya habis 1000perak. Lumayan cukup hemat.

Mengingat jika kehabisan pulsa jadi bingung. Duit nggak punya, pulsa habis. Nggak bisa blogging pula. Bencana bencana dah. , haha.

capek nggak ngetik dengan tangan?

yaiyalah capek, tapi menurut saya ini adalah keasikan. Coba bayangkan, bahwa postingan inipun saya ketik dengan hp. Entah berapa ribu saya sudah pencet pencet keypad. But, emang kudu berkorban.πŸ˜€

apa tidak jenuh?

haha, namanya juga manusia. Pasti pernah jenuh juga. Dengan adanya kesibukan yang meningkat dan habisnya ide saya sudah hiatus dua kali. Suatu yang tidak patut dibanggakan. Postingan ini adalah posting ke-3 setelah hiatus ke-2 saya.

apakah punya teman blog pertama?

yaph tentunya, saya punya teman pertama. Mereka adalah wira dan samudra. Mereka yang menjadi orang orang pertama yang nangkring dan berkomen ria di blog. Rasanya senang tulisan saya mendapat apresiasi. Tapi tidak tahu kenapa, setelah saya vakum, beliau jadi tidak pernah terlihat di blog saya, huhu. Hayow siapa mau jadi teman saya?

lalu pesan untuk pembaca?

Mobile blogging adalah aktifitas yang menyenangkan. Kita bisa sambil tidur ataupun jungkir balik saat posting ataupun BW. Memang kadang agak menjemukan dan melelahkan tapi kita bisa mendapatkan ilmu atau informasi yang bermanfaat. Oia, jika anda ingin mencoba menjadi mobile blogger saya sarankan memilih layanan GPRS yang murah biar hemat, haha. .

Sekian sekelumit pengalaman saya, semoga menginspirasi dan bermanfaat. Salam blogger!