Saya yakin pasti sudah banyak yang tahu tentang huruf braille. Ya benar huruf yang di gunakan oleh penyandang tunanetra. Tapi apakah sudah tahu bentuk hurufnya seperti apa?

Huruf braille yang sesungguhnya adalah berupa dot atau titik timbul pada kertas yang terdiri dari kombinasi titik-titik (total ada 6 titik yg tersusun mendatar 2, kebawah ada 3). Pada perkembangannya braille sudah dadopsi untuk beberapa bahasa seperti jepang, china, rusia bahkan sampai indonesia. Namun secara global braille yang digunakan adalah sama.

Untuk mempermudah dalam penulisan huruf braille maka dicipatakanlah suatu UNICODE standard untuk font komputer. Bisa di download disini, lalu install di komputer anda.

Namun secara garis besar alphabet braille adalah sebagai berikut.

⠁ A / 1
⠃ B / 2
⠉ C / 3
⠙ D / 4
⠑ E / 5
⠋ F / 6
⠛ G / 7
⠓ H / 8
⠊ I / 9
⠚ J / 0
⠅ K
⠇ L
⠍ M
⠝ N
⠕ O
⠏ P
⠟ Q
⠗ R
⠎ S
⠞ T
⠥ U
⠧ V
⠺ W
⠭ X
⠽ Y
⠵ Z

tanda baca lainnya.

⠠ Capital sign
⠼ Number sign
⠲ Period
⠂ Comma
⠦ Question mark
⠆ Semicolon
⠖ Exclamation point
⠦ Opening quote
⠴ Closing quote
⠶ Bracket
⠤ Hyphen
⠄ Apostrophe

Nah pasti agaknya kita jadi ingin cara instant untuk mendapatkan translate ke braille. Berikut site yang akan membantu dalam pengkonvert dari roman ke braille, libbraille.org.

Semoga informasi ini dapat berguna, bersyukurlah kita masih diberi mata yang dapat digunakan untuk melihat. Tidak ada salahnya juga kita belajar huruf ini, ya mungkin bisa digunakan untuk sandi, why not?
Salam blogger!

Advertisements