WASHINGTON- Para ilmuwan saat ini memang tengah berlomba-lomba menciptakan berbagai temuan baru hasil pengembangan sel induk.
Tim ilmuwan internasional yang dipimpin oleh Monash University mengumumkan hasil temuan terbaru mereka, yaitu sel darah merah yang bisa berpendar dalam gelap.

Mereka pun mengklaim, sel darah merah unik ini bisa segera membantu mereka menciptakan sel darah yang matang dan dapat di ditransfusikan untuk menolong nyawa orang lain yang membutuhkan darah. Demikian keterangan yang dikutip dari Times of India, Senin (24/8/2009).

Para ilmuwan tersebut telah memodifikasi sel induk manusia agar bisa mengeluarkan cahaya ketika dikembangkan menjadi sel darah merah.
Dalam jurnal ilmiah Nature Methods, para ilmuwan menyatakan optimismenya bahwa saat ini mereka tinggal selangkah lagi menuju keberhasilan dalam membuat sel darah merah dari sel induk embrionik manusia.

Ilmu pengetahuan saat ini semakin dalam menggali potensi sel induk embrionik manusia atau human embryonic stem cells (hESCs) untuk diubah menjadi jenis sel apapun bagi tubuh manusia.
Oleh karenanya, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi perkembangan ilmu pengetahuan untuk memodifikasinya menjadi jenis sel yang lebih spesifik, seperti sel darah merah. (srn)

okezone