WASHINGTON- Beberapa bulan lagi, tepatnya bulan Desember, NASA akan segera meluncurkan Wide-field Infrared Survey Explorer atau disingkat menjadi WISE ke luar angkasa.

WISE akan mengorbit di sekeliling bumi dan memindai seluruh keadaan langit dengan kemampuan gelombang panjang sinar inframerah. Perangkat ini juga menyingkap keberadaan ratusan ribu asteroid dan ratusan jut bintang di galaksi.
Xinhua, Selasa (18/8/2009) melansir, WISE merupakan teleskop luar angkasa berteknologi inframerah hampir sama dengan dua teleskop lainnya yang kini tengah dalam misi orbit kedua teleskop tersebut yaitu Spitzer Space milik NASA dan Herschel Space Observatory, milik European Space Agency. Yang membedakan WISE dengan kedua teleskop lainnya, WISE memiliki kemampuan tambahan yang bisa mensurvei keseluruhan langit.

“WISE akan mensurvei landscape kosmik dengan kapasitas inframerah, sehingga teleskop masa depan ini akan memberikan hasil kerja yang menakjubkan bagi kepentingan ilmu pengetahuan di bumi,” kata Edward Wright dari University of California, Los Angeles.

Perangkat survei ini akan memanfaatkan temperatur panas dari cornucopia sebuah objek, yang dekat maupun yang jauh. Dengan demikian, WISE akan menemukan ratusan ribu asteroid baru yang singgah di sabuk asteroid utama kita.
Selain itu, kemampuannya akan membantu menemukan ratusan objek bumi terdekat yang dilalui komet dan asteroid yang orbitnya relatif dekat melalui bumi.

Source: okezone