Siapa yang tidak mengenal Wikipedia situs online ensiklopedia. Dimana bahan-bahan baik tugas maupun blog biasa saya ambil. Memang cukup lengkap situs ini. Namun situs ini sedang mengalami sedikit kemunduran. Kenapa ya? Berikut saya mengutip dari okezoNe.com.

LONDON- Wikipedia, memang pernah mencapai kejayaan dengan meraih prestasi mendokumentasikan sekira tiga juta artikel yang kaya informasi. Namun sayangnya setelah pencapaian itu, ensiklopedi online ini malah mengalami penurunan jumlah artikel baru setiap harinya.
Wikipedia yang diluncurkan sejak tahun 2001 saat ini telah memiliki kurang lebih tiga juta artikel berbahasa Inggris yang meliputi beragam topik informasi. Mulai dari biografi selebriti, peristiwa bersejarah, ilmu pengetahuan umum, dan lain sebagainya.

Namun jumlah penambahan artikel baru pada Wikipedia per harinya telah mengalami penurunan. Penurunan ini cukup signifikan, jika pada July 2007 terdapat sekira 2.200artikel baru setiap harinya, maka saat ini jumlah tersebut merosot menjadi hanya 1.300 artikel baru per hari. Demikian keterangan yang dikutip dari Telegraph, Jumat (14/8/2009).

Para pengamat menilai, struktur editing harus memainkan peranannya dalam hal ini. Dr Ed H Chi, seorang ilmuwan di Palo Alto Research Center di California mengatakan Wikipedia telah menjadi tempat eksklusif untuk mencari informasi pengetahuan umum.
“Wikipedia adalah sumber informasi yang menjadi andalan dunia pendidikan dan riset. Keberadaanya sukses berkat campur tangan editor berpengalaman yang bertanggung jawab dalam mengedit dan memelihara situs tersebut,” kata Chi.

Seperti halnya wikipedia Indonesia, masih sedikit sekali artikel yang termuat, alangkah baiknya jika kita merintis artikel yang belum ada dari terjemahan wikipedia english. Namun yang menjadi kendala adalah penguasaan terhadap b.Inggris. Tapi tidak ada salahnya mencoba.