Pada suhu 4 hingga 0°C, volume air akan mengembang (dimulai dari volume yang terkecil pada suhu 4°C hingga yang terbesar pada suhuh 0°C)

Kenapa disebut anomali? Bukankah anomali berhubungan dengan penyimpangan? Betul sekali. Anomali air bisa kita artikan sebagai penyimpangan sifat air. Seperti yang kita pelajari di sekolah, ada beberapa sifat air; seperti mengalir dari tempat tinggi ke rendah, jika dipanaskan akan menguap dan membeku jika didinginkan. Hmm.. apalagi ya? Kalau dulu Bu Guru mengajarkan bahwa air akan membeku pada suhu 0°C, maka secara praktis sebelum mencapai suhu tersebut, air akan berbentuk padat (es) dan baru akan berbentuk cair (mencair) setelah lebih dari 0°C bukan?

Nah, dalam ilmu Fisika kan kita kerap mendengar bahwa cairan yang bermasa jenis lebih kecil akan berada di atas yang bermasa jenis lebih besar. Ini juga berhubungan dengan pernyataan bahwa semakin dingin suatu benda, biasanya massa jenisnya juga akan membesar.
Nah, kalau dilihat dari sifatnya, air mempunyai penyimpangan pada suhu 4°C karena massa jenis air pada suhu tersebut adalah massa jenis maksimum, atau keadaan volume molar terendah. Secara teoritis, massa jenis air pada 3°C seharusnya lebih besar dari 4°C, sehingga jika didinginkan harusnya air akan membeku, namun kenyataannya, justru akan memuai.

Anomali air-dalam banyak hal-memberikan banyak manfaat dalam kehidupan di alam. Salah satunya, anomali ini menyebabkan air sungai/danau/laut di kutub yang bersuhu udara lebih kecil dari 0°C tidak akan membeku sampai dasarnya karena dasarnya bersuhu 4°C.

Bisa dibayangkan jika massa jenis air 3°C lebih kecil dari 4°C, maka air 3°C tersebut akan terus naik kepermukaan dan akhirnya membeku semuanya sampai dasar, akibatnya semua ikan/mahluk hidup lainnya akan mati.

source