Mengenal Buah Pome (Delima)

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisio: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Rosidae
Ordo: Myrtales
Familia: Lythraceae (Punicaceae)
Genus: Punica
Subdivisi :
P. granatum L.
P. protopunica Balf.

Profil delima

Delima berasal dari Timur Tengah, tersebar di daerah subtropik sampai tropik, dari dataran rendah sampai di bawah 1.000 m dpl. Tumbuhan ini menyukai tanah gembur yang tidak terendam air, dengan air tanah yang tidak dalam. Delima sering ditanam di kebun-kebun sebagai tanaman hias, tanaman obat, atau karena buahnya yang dapat dimakan. Berupa perdu atau pohon kecil dengan tinggi 25 m. Batang berkayu, ranting bersegi, percabangan banyak, lemah, berduri pada ketiak daunnya, cokelat ketika masih muda, dan hijau kotor setelah tua. Daun tunggal, bertangkai pendek, letaknya berkelompok.

Helaian daun bentuknya lonjong sampai lanset, pangkal lancip, ujung tumpul, tepi rata, pertulangan menyirip, permukaan mengkilap, panjang 19 cm, lebar 0,52,5 cm, warnanya hijau. Bunga tunggal bertangkai pendek, keluar di ujung ranting atau di ketiak daun yang paling atas. Biasanya, terdapat satu sampai lima bunga, warnanya merah, putih, atau ungu. Berbunga sepanjang tahun.
Buahnya buah buni, bentuknya bulat dengan diameter 512 cm, warna kulitnya beragam, seperti hijau keunguan, putih, cokelat kemerahan, atau ungu kehitaman. Kadang, terdapat bercak-bercak yang agak menonjol berwarna tebih tua. Bijinya banyak, kecil-kecil, bentuknya bulat panjang yang bersegi-segi agak pipih, keras, tersusun tidak beraturan, warnanya merah, merah jambu, atau putih.Dikenal tiga macam delima, yaitu delima putih, delima merah, dan delima ungu. Perbanyakan dengan setek, tunas akar atau cangkok.

Manfaat Pome

Jakarta, Buah pome alias buah delima (pomegranate) yang dalam bahasa latin disebut punica granatum, sedang santer diperbincangkan karena diduga mengandung banyak antioksidan.
Dulu orang hanya mengira antioksidan terdapat di teh hijau, buah jeruk, sereal sorgum, dan sayuran yang berwarna hijau. Kini buah pome juga diduga mengandung banyak antioksidan?
Pada penelitian awal, buah pome efektif dalam mengurangi faktor risiko penyakit jantung, oksidasi LDL, oksidasi macropaghe, dan pembentukkan sel busa, yang semuanya merupakan langkah atherosclerosis dan penyakit cardiovascular (jantung).
The Wall Street Journal of Health, seperti dikutip Selasa (23/6/2009) mencatat buah pome memiliki manfaat membantu jantung, dimana antioksidan yang terkandung didalamnya membantu mencegah penyumbatan pada pembuluh darah arteri oleh kolesterol. Buah pome juga mencegah kanker prostat, dan dilengkapi dengan vitamin A, C, dan E serta asam folat yang penting pada tahap awal kehamilan.
Antioksidan yang paling banyak terdapat di buah pome adalah polifenol. Antioksidan ini juga bisa menghambat kanker prostat, antioksidan tersebut membantu memperlambat penyakit ini.
Universitas California, Los Angeles telah melakukan penelitian ini terhadap 50 orang. Tim dari UCLA juga menyakini bahwa dalam buah pome terdapat zat anti-inflammatory, isoflavon yang dapat membunuh sel kanker, dan antioksidan.

Peneliti dari Vanderbilt University Medical Center menemukan bahwa orang yang meminum jus 3 kali atau lebih dalam seminggu, dapat menurunkan resiko terkena alzheimer hingga 76% dibandingkan orang yang tidak minum jus sama sekali. Hal ini tidak lepas dari peran antioksidan yang terkandung didalamnya.
Sejak berabad-abad yang lalu, tanaman pome telah dikenal sebagai obat manjur untuk mengobati berbagai gangguan pencernaan, seperti diare dan disentri.
Hal itu disebabkan tingginya kandungan tannin yang berkhasiat sebagai astringen, yaitu menyusutkan selaput lendir usus sehingga pengeluaran cairan diare berkurang. Sementara alkaloid pelletierine pada akarnya sangat membantu mengeluarkan cacing pita dan cacing gelang dari usus.
Secara umum, antioksidan dalam buah pome tidak dapat berfungsi secara maksimal jika kita tidak menjaga pola hidup.

Faktor lain yang dapat menunjang timbulnya berbagai penyakit tersebut juga harus dihindari, sehingga manfaat dari buah pome itu bisa maksimal.