Kemarin lagi asik blogwalking eh nemu tentang ini, lumayanlah tips nya, untuk versi asli di sini

1. Jangan gunakan aplikasi web browser.
Mengapa jangan gunakan web browser? Karena web browser akan menampilkan halaman dalam bentuk full HTML, sehingga besaran datanya juga bakal besar, namun memang tampilannya bakal lebih maksimal. Jika anda lebih mengutamakan data, gunakan saja browser bawaan ponsel, data yang didownload lebih kecil karena masih mengunakan teknologi xHTML.

2. Matikan fungsi penampil gambar.
Dengan mematikan fungsi penampil gambar, otomatis kita telah mengurangi data yang akan kita download sehingga biaya gprsnya juga akan lebih download. Sama dengan pnt pertama, jika anda lebih mementingkan content daripada gambar, just do it!

3. Pake google.
Pake browser default gak bisa langsung ke web tujuan? gunakan aja google. Masuk dulu ke situs google.com, terus masukin situs yang ingin kita tuju. Walaupun kadang gak semuanya bisa tetapi berhasil juga, selain itu dengan ini data halaman biasanya sudah dikompresikan sehingga menjadi lebih kecil.
Atau pakai ini “http://google.com/gwt/n?u=http://url”

4. Bookmark.
Jika anda suka suatu situs, lebih baik anda bookmark aja. Ini akan menghemat bebrapa langkah. Misal di suatu situs ada beberapa topik, ada wallpaper, ringtone, aplikasi dan tema. Jika anda suka bagian tema, cukup anda bookmark disitu, selain mempercepat waktu, akan menghemat pulsa anda.

5. Perkirakan ukuran file yang didownload.
Hitung dulu berapa ukuran file yang akan di download. Kalau besar lebih baik dibatalkan saja. Kalau anda tidak jeli, maka gak terasa pulsa bakal terkuras habis.

6. Cari operator yang tarif gprsnya paling murah
Nah yang ini paling penting, karena walaupun anda udah lakukan langkah 1, 2, 3 dan 4tetapi kalau tarifnya Rp.50/kb sama aja boong! Selidiki mana yang lebih murah, minimal Rp1/kb lah, baru disebut murah.
Semoga bermanfaat!