Sepertinya bakalan seru jika di Indonesia ada salju, bisa main lempar bola es sama buat snowman, tapi sayang cuma ada musim hujan dan kemarau. Gitu juga sekarang tidak bisa di prediksi. Tapi tahukah kenapa kok kita cuma punya dua musim ini.

Kepulauan indonesia tersebar di sekitar gari khatulistiwa (lintang 0°) atau tepatnya 6°LU-11°LS. Kawasan khatulistiwa tidak mempunyai empat musim karena selalu menerima sinar matahari yang sama dalam setahun, dan cenderung panas.

Gerak semu matahari dari utara khatulistiwa geser ke selatan hanya berdampak pada perubahan musim kemarau dan hujan dan berlangsung 6 bulan tiap musim (saat ini tidak bisa diprediksi kapan datang dan berhentinya suatu musim karena kerusakan alam).

Seperti telah diketahui sebelumnya bahwa indonesia terletak di antara benua asia (utara) dan benua australia (selatan), gerak semu matahari mengakibatkan tekanan udara maksimum dan minimum di kedua benua bergantian.

Antara 21 Maret-23 September matahari terletak di utara (asia). Sehingga tekanan udara mengalir dari australia ke asia sehingga terjadi kemarau karena anghn bersifat kering, panas dan sedikit uap air, karena melalui dataran gurun australia.

Antara 23 September-21 Maret matahari di selatan (australia). Angin bergerak dari asia ke australia, karena bersifat lembab dan kaya uap air maka terjadilah musim hujan.

Namun kenyataannya sekarang bulan juli tetapi kadang masih terjadi hujan, ada apa dengan musim kita, apa sudah rusak?