Operasi bilangan positif dan negatif


Akhirnya saya nulis juga tentang matematika lagi. Saya orang pendidikan matematika tapi postingannya kok nggak ada matematikanya. Ehehe. Okelah pada postingan ini saya akan membagi tips buat semuanya.

Postingan ini didasari dari keprihatinan saya kepada murid les saya. Dari yang SD sampai jenjang SMA. Jika ketemu dengan operasi bilangan bulat yang melibatkan bilangan negatif, pasti sering membuat salah. Saya sendiri juga berpikir, kenapa ya kok mereka kesulitan.

Operasi bilangan bulat yang melibatkan bilangan negatif di ajarkan pertama kali pada kelas 4 SD. Saya sangat prihatin saat yg SMA saja masih sering salah. Akhirnya saya pakai cara yang akan saya jelaskan berikut.

Prosedur pemakaian.

1. Hanya untuk operasi penjumlahan dan pengurangan.

2. Membuat 2 lajur, lajur pertama beri tanda (+) dan lajur kedua beri tanda (-)

3. Jajar bilangan yang bernilai postitif pada lajur (+) begitu juga yang (-) jajar bilangan yang bernilai negatif.

4. Jumlah masing-masing lajur dan bandingkan.

5. Jika besar lajur (+) kurangkan dengan lajur (-).

6. Jika besar lajur (-) kurangkan dengan lajur (+), dengan hasilnya diberi tanda negatif dibelakangnya.

Oke, sekarang adalah contohnya langsung, daripada teori nanti tetap bingung.

Contoh 1
5+5=

buat lajur,
(+) 5,5 = 10
(-) -
jadinya 10

Contoh 2
5-9=

buat lajur,
(+) 5 = 5
(-) 9 = 9
jadinya 9-5=4 , karena besar lajur (-) maka jadinya -4

Contoh 3
-5+7-8=

buat lajur,
(+) 7 = 7
(-) 5,8 = 13
jadinya 13-7=6 , karena lajur (-) lebih besar maka jadi -6

Contoh 4
5+(-7)-(-9)=

ubah dahulu menjadi
5-7+9=

buat lajur,
(+) 5,9 = 14
(-) 7 = 7
jadinya 14-7=7

Sekian, ilmu yang dapat saya bagi. Walau cuman sederhana, saya berharap dapat berguna. Amin. Ok sebelum tulisan ini berakhir saya kasih 1 soal. Ehehe

-10+6-8+9=

Salam blogger!
♥☆~愛してる~☆♥

49 Comments

Leave a Reply

